Sabtu, 21 September 2019

SpongeBob Squarepants,Squidward

Squidward Tentacles

Squidward adalah teman sekaligus tetangga SpongeBob, sifatnya hampir bertolak belakang dengan SpongeBob dan sering mendapat kesialan dari polah SpongeBob dan Patrick.

Etos kerjanya rendah, tidak ramah, dan kuno. Tapi sebenarnya dia paling realistis di Bikini bottom.
Dalam Bahasa Inggris Squidward berarti cumi-cumi, padahal dia sebenarnya gurita. Gurita juga tidak memiliki tentakel tetapi memiliki 8 lengan atau kaki. Di film juga hanya digambarkan memiliki 6 lengan. Kalau cumi-cumi memiliki 8 lengan dan 2 tentakel.

Gurita dan cumi-cumi termasuk filum molusca. Molusca berarti hewan lunak, hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Kelas cephalopoda. Cephalo berarti kepala dan poda berarti kaki, jadi cumi-cumi dan gurita memiliki kaki di kepala. Ingat bukan kepala jadi kaki ya. Ordo actopoda, yang berarti delapan kaki.

Gurita adalah hewan yang cerdas, dia mampu menirukan gerakan hewan lain. Memiliki otak berjumlah 9, satu otak utama dan 8 otak yang memproses informasi pada lengannya.
Selain 9 otak, gurita juga memiliki 3 jantung. Satu jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh dan dua lainnya memompa darah ke insang.

Fakta unik lainnya ternyata gurita adalah hewan bangsawan. Tak heran kalau Squideward menganggap dirinya hebat dan merendahkan orang lain, sudah otaknya paling banyak bangsawan lagi.

Kenapa saya katakan bangsawan? Darah gurita benar-benar biru, manusia sering menyebut bangsawan sebagai berdarah biru. Warna biru pucat darah gurita karena kandungan hemosianin cyanoglobin. Cyaniglobin berfungsi mengikat oksigen, kalau pada darah merah oksigen diikat oleh haemoglobin.

Usia gurita hanya sekitar 6 bulan sampai 5 tahun. Ini berkaitan dengan reproduksinya. Gurita jantan akan mati beberapa bulan setelah membuahi sel telur. Sementara gurita betina menjaga telur tanpa makan sehingga banyak gurita betina yang mati setelah telur menetas.

Saya masih ragu apakah Tuan Tentakel adalah gurita.

Seri 2 : Patrick Star
Seri 1 : SpongeBob
Seri 4 : tuan Krabs
Seri 5 : Sandy

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Cerdas mengaitkan tokoh kartun dg materi klasifikasi mkhluk hidup. Keren bu Desti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih. Pengarang film Spongbob adalah ahli biologi laut. Bisa memilih aneka tokoh dgn baik

      Hapus