Sabtu, 21 September 2019

SpongeBob Squarepants,Mr Eugene H. Krabs

Mr Krabs beliau adalah pemilik restoran krusty krabs, tempat SpongeBob bekerja. Dia diwujudkan sebagai kepiting merah yang tamak, uang adalah segalanya.

Mr Crabs memiliki tubuh berotot dan berwarna merah, saya duga dia adalah kepiting bakau merah, Scylla olivacea.

Tubuh kepiting terdiri dari badan dan kaki. Kakinya berjumlah 10 sehingga dikelompokkan ke dalam ordo dekapoda yang berarti kaki sepuluh. Terdiri dari sepasang capit, empat pasang kaki gerak.
Kepiting tidak bisa berjalan lurus ke depan. Kaki kepiting ada disamping tubuh dengan persendian terbatas, hanya bergerak kedepan dan ke belakang. Karenanya jalan kepiting ke arah samping.
Sedangkan badan kepiting terdiri dari perut (abdomen) yang tersembunyi dibawah dada (thorax). Tubuhnya dilindungi kerangka luar yang keras.

Kepiting tidak memiliki hidung, sebagai ganti hidung kepiting memiliki sepasang antena yang berfungsi sebagai indra pembau. Indra unik pada kepiting adalah rambut-rambut halus di tubuhnya. Rambut pada kepiting bisa mendeteksi keberadaan makanan.

Mata kepiting memiliki tangkai yang bisa dimasukkan ke dalam rongga kerangka luarnya. Mata kepiting terdiri dari ribuan unit optik.

Kepiting berkembangbiak dengan cara bertelur. Telur kepiting biasanya dibawa induk betina di bawah tubuhnya. Setelah menetas bayi-bayi kepiting akan berenang bebas di perairan.

Untuk bertambah besar kepiting perlu mengganti kulit. Proses penggantian kulit ini disebut molting. Kerangka lama dilepas dan diganti kerangka baru yang awalnya lunak. Pada salah satu adegan film Mr. Krabs pernah melakukan molting. Saat molting kepiting akan menjadi lemah, masakan kepitingpun paling nikmat saat kepiting baru saja molting karena hampir semua bagian tubuh kepiting menjadi lunak.

Seri 1:SpongeBob
Seri 2: Patrick Star
 Seri 3: Squidward
Seri 5: Sandy

1 komentar: