Sabtu, 21 September 2019

SpongeBob Squarepants, Sandy

Sandra Sandy Cheeks

Banyak yang bertanya kenapa ada tupai di Bikini Battom? Sandy berasal dari daratan tepatnya Texas. Si tupai merantau ke Bikini Battom untuk mempelajari kehidupan bawah laut, dia adalah ahli biologi.

Tupai termasuk mamalia darat. Agar bisa hidup di air Sandy menggunakan pakaian seperti astronot sehingga dia tetap bisa bernapas. Sementara tempat tinggalnya dibuat mirip darat sehingga saat di rumah Sandy tidak perlu alat bantu pernapasan. Tempat tingga Sandy berupa kubah kedap air yang dilengkapi hamparan rumput dan pohon lengkap dengan rumah pohonnya.

Di habitatnya tupai lebih banyak menghabiskan waktu di pepohonan. Untuk berpindah tempat tupai biasa melompat dari satu pohon ke pohon lain dan hanya sesekali turun ke tanah.

Ekor tupai yang besar dengan bulu lebat berfungsi mengatur keseimbangan saat melompat. Tupai mampu melompat dari ketinggian 9 meter tanpa kendala. Selain ekor, tupai juga memiliki kumis sebagai pengatur keseimbangan serta mendeteksi benda-benda disekitarnya saat malam hari.

Sementara di siang hari penglihatan tupai sangat baik. Tupai termasuk hewan diurnal, aktif di siang hari.

Tak heran kalau Sandy diceritakan sebagai makhluk yang cerdas, karena tupai memiliki rasio otak yang besar, lebih besar dari rasio otak manusia. Rasio diperoleh dengan membandingkan besar otak dengan besar tubuh secara keseluruhan.

Sebagai ordo rodentia atau hewan pengerat, dua pasang gigi depannya (gigi seri) akan selalu tumbuh memanjang. Agar gigi tidak terlalu panjang dan tetap tajam, rodentia perlu mengasah dan mengikis gigi dengan mengerat/menggigiti benda-benda keras seperti kayu.

Sebagai hewan mamalia, tupai mengandung sekitar 30-40 hari dan melahirkan anaknya. Tupai biasa melahirkan anak 1-2 kali setahun. Anak yang lahir sangat lemah sehingga perlu pengasuhan dari induk betina.

Saat musim dingin tiba, Sandy akan melakukan hibernasi. Hibernasi adalah tidur panjang di musim dingin. Tujuan hibernasi untuk menghemat energi karena untuk menjaga suhu tubuh dimusim dingin butuh energi yang besar selain itu ketersediaan pangan juga menurun.

Saat hibernasi metabolisme tubuh akan menurun. Seperti suhu tubuh menurun, pernafasan melambat, detak jantung juga melambat. Sebelum hibernasi hewan akan menimbun cadangan makanan.
Selain menimbun makanan di sarang dan tanah, tupai juga menyimpan makanan di dalam mulutnya. Kedua pipi tupai memiliki kantung, kantung itu dalam kondisi kering sehingga biji-bijian yang disimpan akan awet.

Untuk hewan besar seperi beruang sebelum hibernasi akan makan banyak dan makanan diubah menjadi lemak. Lemak inilah yang menjadi cadangan makanan beruang.

Kegemaran bajing menimbun makanan di dalam tanah tanpa sengaja telah membatu penghijauan disekitar habitatnya.

Mr. KrabsPlankton
Squidward
Patrick
Spongebob

1 komentar: