Sabtu, 21 September 2019

SpongeBob Squarepants


SpongeBob Squarepants
SpongeBob


Tau gak kenapa saya suka film ini? Selain ceritanya kocak, tokoh-tokoh kartun ini juga menarik. Menggambarkan keragaman hewan laut.

SpongeBob, sang tokoh utama. Spons kotak berwarna kuning, anak yang ramah, baik hati, etos kerja tinggi tapi sangat naif.

Sponge termasuk filum porifera atau hewan berpori. Air bisa melewati tubuhnya melalui pori, lubang-lubang halus diseluruh tubuhnya. Air yang masuk membawa makanan berupa pankton. Jadi ingat sebenarnya plankton adalah makanan sponge dewasa. Tentang Plankton akan saya ceritakan lain kali.

Dalam film SpongeBob beberapa kali ditampilkan adegan tubuh SpongeBob dilewati oleh air. Kemungkinan besar SpongeBob adalah Spongia sp. karena bertubuh lembut sehingga digunakan sebagai spons mandi.

Sponge adalah makhluk air bersifat sesil atau tidak berpindah tempat. Spons akan membentuk batu karang. Tapi dalam siklus hidupnya ada fase dimana spons muda bergerak bebas atau motil untuk mencari tempat yang sesuai.

Sama seperti SpongeBob, anak yang lincah bergerak kemana-mana. Sementara orang tua SpongeBob jarang muncul, mungkin karena sudah sesil di suatu tempat.

Spongebob gak jelas jenis kelaminnya, tampak seperti anak laki-laki tapi ada beberapa adegan yang menunjukkan sebaliknya. Ini salah satu alasan yang menganggap film SpongeBob gak layak ditonton.

Sponge termasuk hewan hermaprodit, dalam satu tubuh bisa menghasilkan sel kelamin jantan dan betina. Hasil peleburan sel sperma dan sel telur akan menghasilkan zigot. Zigot berkembang menjadi larva bersilia yang bisa berenang bebas.

Selain berkembang biak secara generatif/melalui perkawinan si sponge juga berkembang biak secara vegetatif. Tubuh sponge yang patah bisa tumbuh menjadi sponge baru. Sponge juga membentuk tunas dipangkal tubuhnya, sehingga membentuk koloni porifera.

Jadi Spongebob laki-laki apa perempuan? Dia banci (hermaprodit), walau saya suka film Spongebob saya bukan pembela LGBT lo.

Seri 2, Patrick Star
Seri 3, Squidward
Seri 4, Mr. Krabs
Seri 5, Plankton

1 komentar: