Sabtu, 21 September 2019

SpongeBob Squarepants, Nyonya Puff

Nyonya Poppy Puff

Nyonya Puff adalah seekor ikan buntal dalam bahasa inggris disebut puffer fish atau blow fish yang menjadi guru mengemudi di sekolah "Mrs. Puff Boating school". Dia terlalu lelah bahkan sering frustasi mengadapi SpongeBob yang ceroboh. Saat SpongeBob membuat ulah Mrs. Puff akan menggembung. Orang jepang menyebutnya Fugu. Apa yang terbayang saat dengar fugu? Snack bentuk ikan.

Keunikan ikan buntal ada pada kemampuan menggembung. Saat dalam kondisi terancam ikan buntal memompa air ke dalam tubuhnya. Kulit ikan buntal sangat elastis sehingga saat tubuh diisi air, kulit akan meregang dan menjadi kaku. Ikan buntal tidak memiliki sisik. Selain itu ikan buntal juga tidak memiliki tulang rusuk, sehingga tulang belakang bisa melengkung dan mendukung tubuhnya yang berubah seperti bola. Selain itu ikan ini juga beracun.

Racun ikan buntal adalah tetrodotoksin. Racun ini lebih berbahaya dari pada sianida. Bagian tubuh ikan buntal yang banyak mengandung racun adalah kulit, ovarium, usus, dan paling panyak di hatinya. Meskipun berbahaya racun ini bisa digunakan sebagai anastesi/obat bius pada manusia. Racun ikan buntal tidak akan rusak karena pemanasan.

Ikan buntal masuk dalam ordo tetraodontiformes. Tetraodontiformes berasal dari morfologi gigi ikan ini, yaitu memiliki dua gigi besar pada rahang atas dan bawahnya yang cukup tajam sehingga bisa menghancurkan cangkang keras seperti cangkang kerang.

Ikan buntal termasuk hewan nokturnal, aktif di malam hari. Saat siang ikan ini bersembunyi diantara batu karang. Ikan buntal tidak suka bersosialisasi, dia lebih suka menyendiri dan menjaga daerah kekuasaannya.

Saat musim kawin, ikan jantan akan membuat sarang berbentuk bulatan dengna diameter bisa mencapai 3 meter. Ikan betina akan bertelur di tengah lingkaran dan ikan jantan menjaga sarang hingga telur menetas.

 

1 komentar: