Jumat, 10 Maret 2017

Pemburu yang Masuk Surga ‘I Lubdaka”

Hari raya Savalatri merupakan hari Pejagran, dimana Hyang Widhi (Tuhan yang Maha Esa, dalam kepercayaan hindu) memanifestasikan diri sebagai dewa siwa yang melakukan yoga semalam suntut untuk melebur dosa manusia. Pada malam Savalastri ini setiap insan mendapat kesempatan melebur segala dosa dengan melakukan brata sawaratri. Dalam kitab Padma Puraya disebutkan malam siwalastri adalah malam peleburan dosa manusia yang pernah dilakukan sepanjang hidupnya dan lontar Lubdaka yang menyatakan bahwa walaupun seseorang sangat berdosa, tapi jika ia melaksanakan brata sawarastri niscaya masih memiliki kesempatan melebur semua dosanya.
Dikisahkan bahwa Lubdaka adalah seorang pemburu binatang hutan, hasil buruannya tidak hanya untuk dimakan sendiri tetapi juga untuk dijual. Pada suatu hari lubdaka tidak mendapat seekorpun binatang,Lubdaka terus masuk kedalam hutan untuk mendapat buruan hingga tanpa sadar hari telah menjadi gelap. Karena hari sudah gelap dan dia tidak bisa melihat jalan pulang, Lubdaka memutuskan untuk menginap di hutan. Lubdaka mencari pohon besar yang bisa digunakan untuk tidur supaya tidak diserang binatang hutan.
Lubdaka menemukan pohon Bila besar ditepi telaga jernih. Lubdaka segera memanjat pohon dan mencari batang yang bisa digunakan untuk beristirahat. Meskipun sangat lelah dan mengantuk Lubdaka berusaha tidak tertidur karena jika tertidur dia takut akan terjatuh. Agar tidak tertidur Lubdaka memetik daun dan rantig kecil dan menjatuhkan ke telaga berulang kali. Lubdaka lupa bahwa malam ini adalah malam siwalastri.
Sambil membuang daun ke telaga Lubdaka teringat dosa-dosa yang pernah dilakukan dan menyesalinya. Diam-diam Lubdaka bertekat akan berhenti sebagai pemburu. Tanpa disadari hari telah menjelang pagi. Lubdaka menyadari ternyata dosanya sangat benyak sehingga waktu semalam tidak cukup untuk mengingat semua dosa-dosanya. Karena hari telah pagi Lubdaka segera berkemas untuk pulang.
Sejak saat itu Lubdaka tidak lagi berburu dan beralih pekerjaan sebagai petani. Karena sering berburu yang memerlukan banyak kecakapan dan sekarang menjadi petani yang melakukan pekerjaan monoton dan kurang gerak tubuh Lubdaka menjadi kaku dan sering sakit dan akhirnya Lubdaka meninggal.

Roh Lubdaka setelah lepas dari jasad melayang-layang diangkasa dan tidak tau harus menuju ke mana. Pasukan Cikrabala menghampiri dan akan membawa ron Lubdaka ke neraka. Pada saat yang tepat Dewa Siwa datang mencegah pasukan Cikrabala meneruskan maksudnya. Terjadilah diskusi antara dewa siwa dan pasukan cikrabala. Pasukan cikrabala berpendapat ruh Labdaka harus dibawa ke neraka karena semasa hidup telah membunuh banyak binatang. Dewa siwa beranggapan lain, karena pada suatu malam savalastri Labdaka sudah bergadang semalaman untuk menyesali seluruh dosa-dosanya sehingga dia pantas diampuni dan masuk surga. Setelah diskusi tersebut akhirnya labdaka dibawa ke surga.

baca juga
kisah jayaprana dan layonsari
menghapus identitas ktp
surga dihidupku 

8 komentar:

  1. Asal Usul KEBO NDANU
    Pada zaman dahulu disebuah desa tepatnya di desa Salakan, Marongsari kecamatan sapuran terdapat sebuah cerita yaitu adanya seekor kerbau yang dikeramatkan oleh warga desa karena tingkahnya yang tak biasa seperti kerbau yang lain dan dianggap mengancam keselamatan orang kerbau tersebut diburu dan dibunuh setelah mati bagian_bagian tubuh kerbau tersebut berubah menjadi hal yang aneh seperti darahnya berubah menjadi "lemah Ireng" atau disebut juga dengan tanah hitam dan tulangnya berubah menjadi "WATU Desel" atau disebut juga dengan batu desel warga desa menjadikan itu sebagai legenda yang sekarang sering disebut dengan KEBO NDANU ,dan mereka menjadikan desa tersebut dengan "SEJARAH KEBO NDANU"
    Demikianlah cerita rakyat yang saya rangkum bila ada salah kata atau kalimat saya mohon maaf lahir dan batin.

    Oleh= Desi Ratna Anggraeni
    No ujian=15_221_004

    BalasHapus
  2. Hantu kuntilanak
    Di desaku ada sebuah cerita tentang seseorang yang mati penasaran saat awal sebelum orang itu meninggal belum ada kejadian apapun ketika hari itu dia meninggal kabarnya dia meninggal di perkosa oleh 4 pria sampai meninggal kejadian ini sadis terdengar sampai semua orang merinding mendengar semua itu dan setelah hari berlanjut ketika hari itu yaitu malam jumat ketika ada orang lewat depan rumah wanita yang meninggal itu dia melihat sosok berbaju putih sedang menggendong anak sambil bernyanyi orang itu langsung merinding melihat sosok itu dan dia pun lari setelah orang itu pergi ada pemuda tampan bernama barokah iya lewat depan rumah itu dia pun melihat sosok itu juga tapi dia sedang duduk di kursi dan kakinya sambil berayun ayu lalu barokah penasaran dengan sosok itu lalu dia masuk di dalam rumah dia tiba tiba merinding dan dia mendengar sosok wanita sedang menangis lalu dia cari semakin dekat suaranya terdengar seperti di kamar wanita yang meninggal itu akhirnya dia masuk dan di situ barokah melihat wanita memakai baju putih polos lalu barokah bertanya "hay siapa kamu kenapa kamu di sini nanti kamu di marahi suami yang punya rumah ini"sosok itu sama sekali tak menjawab lalu tiba tiba dia mulai bergerak menoleh dan barokah terkejut dia pun lari ketakutan sambil berteriak "ada hantu!! Tolong"
    Keesokan harinya barokah bercerita kepada teman temannya ia bercerita bahwa dia melihat hantu kuntilanak di rumah wanita itu serontak teman temannya tak percaya akhirnya barokah berkata"yaudah kalau kalian nggak percaya kita buktikan bersama sama besok malam jumat depan tepatnya malam jumat kliwon kita buktikan bersama sama gimana kalian berani!" jawab teman "siapa takut!
    Akhirnya malam itu tepatnya malam jumat kliwon mereka membuktikan bersama merekapun masuk tanpa seijin suami wanita yang meninggal itu awal langkah mereka sudah di sambut oleh wanita itu dengan suara nyanyian bayi serentak merekapun kaget dan mencari suara itu suara itu terdengar di kamar wanita itu lalu mereka mendekat dan masuk merekapun masuk ke kamar wanita itu pintu kamar wanita itu tiba tiba menutup sendiri dan merekapun kaget"waaaaaaaaa!!!"tiba tiba ridho(teman barokah) pingsan mereka semuapub kaget setelah rohim pingsan tiba tiba muncul sosok hantu itu sambil tertawa seram"mereka semuapun lari ketakutan dan mereka percaya bahwa memang wanita itu mati penasaran.

    Oleh=ferdy arlana

    BalasHapus
  3. Asal usul jembatan Sabrang
    Pada zaman dahulu ada batu kata yang letaknya di pinggir jalan. Batu itu memiliki penunggu makhluk halus. Batu itu sangat terkenal angkernya. Pada saat tengah malam Ia suka mengganggu orang yang sedang melewati jalan itu jika orang itu tidak sopan.
    Pada suatu hari warga desa ingin membuat jembatan akhirnya warga mengambil batu katak itu. Karena lebih dekat dari jembatan yang akan dibuat setelah itu diambil penunggunya makhluk halus itu marah-marah dan makhluk halus itu mengancam siapapun yang lewat jalan itu. Dan karena warga terlalu panik akhirnya warga memanggil Pak Kyai untuk mengatasinya dan akhirnya situasi dia baik-baik saja dan beberapa bulan jembatan itu jadi dan makhluk halus pun menghuni jembatan tersebut dan ia berjanji tidak akan mengganggu warga. Demikian cerita rakyat dari saya.
    Oleh:AFIT AFADHOL
    No ujian:15-221-015

    BalasHapus
  4. SEJARAH KEBO NDANU
    Pada zaman dahulu disebuah desa tepatnya di desa Salakan, Marongsari kecamatan sapuran terdapat sebuah cerita yaitu adanya seekor kerbau yang dikeramatkan oleh warga desa karena tingkahnya yang tak biasa seperti kerbau yang lain dan dianggap mengancam keselamatan orang kerbau tersebut diburu dan dibunuh setelah mati bagian_bagian tubuh kerbau tersebut berubah menjadi hal yang aneh seperti darahnya berubah menjadi "lemah Ireng" atau disebut juga dengan tanah hitam dan tulangnya berubah menjadi "WATU Desel" atau disebut juga dengan batu desel warga desa menjadikan itu sebagai legenda yang sekarang sering disebut dengan KEBO NDANU ,dan mereka menjadikan desa tersebut dengan "SEJARAH KEBO NDANU"
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  5. KEBO NDANU
    Pada zaman dahulu disebuah desa tepatnya di desa Salakan, Marongsari kecamatan sapuran terdapat sebuah cerita yaitu adanya seekor kerbau yang dikeramatkan oleh warga desa karena tingkahnya yang tak biasa seperti kerbau yang lain dan dianggap mengancam keselamatan orang kerbau tersebut diburu dan dibunuh setelah mati bagian_bagian tubuh kerbau tersebut berubah menjadi hal yang aneh seperti darahnya berubah menjadi "lemah Ireng" atau disebut juga dengan tanah hitam dan tulangnya berubah menjadi "WATU Desel" atau disebut juga dengan batu desel warga desa menjadikan itu sebagai legenda yang sekarang sering disebut dengan KEBO NDANU ,dan mereka menjadikan desa tersebut dengan "SEJARAH KEBO NDANU"TERIMA KASIH

    BalasHapus
  6. POCONG HUNTER
    Suatu hari di desa kuncen batursari seorang anak yang bernama aris dan teman temanya main pada malam hari mereka berangkat dari rumah karena sudah berkumpul mereka langsung berangkat untuk main di malam hari sesudan tengah malam aris dan teman temannya main di rumah kosong yang katanya angker sesubah sampai di sana tak lama kemudian mereka mendengar suara yang aneh yanh berbunyi "kluk kluk kluk kluk" aris dan teman temannya dan aku jiga takut dan pergi dari rumah itu sesudah keluar dari rumah aris dan teman temannya lari ketakutan tak di sangka mereka lewat jalan menuju ke jalan yang namanya ratan kulon sesudah itu pas di tugu jalan itu mereka meliat oeang lagi berdiri memakai baju putih dan poncotan tak di sangka ternyata itu pocongggggggg dan mereka lari ketakutan setelah itu mereka menyebut hantu itu adalah pocong hunter..........
    oleh :mufit
    no ujian:221-015-037

    BalasHapus
  7. HANTU RUMAH KONTRAKAN

    Dahulu kala ada sebuah keluarga yg pindah ke kontrakan baru dan hidup disana.Mereka tidak tau bahwa kontrakan itu berhantu karena bekas wanita gantung diri karena depresi.
    Suatu ketika anaknya meninggal karena melihat sosok wanita itu, dia lari terbirit birit dan ahirnya terbentur kepalanya dan dibawa ke rumah sakit dan setelah sampai dirumah sakit dia meninggal,ahirnya orang tuanya menyelidiki penyebabnya dan orang tuanya melihat hantu itu dan bertanya orang tuanya marah dan hantunya tidak trima ahirnya membunuh satu per satu keluarganya hingga tak ada yang tersisa ahirnya rumah itu diberi garis polisi karena kematian keluarga yg baru pindah itu dan tidak ada yg berani melewati jalan dekat rumah itu.
    SELESAI

    BalasHapus
  8. KENAMPAKAN PENUNGGU POHON BAMBU

    Pada jaman dulu ada seorang anak kecil yang berangkat mengaji didesa siarum saat lewat didepan pohon bambu tiba-tiba terdengar suara tertawa seorang laki-laki dan anak tersebut lari ketakutan menuju pulang kerumahnya dan kemudian anak tersebut ditanyai sama ibunya"ada apa nak kamu lari-lari kaya dikejar setan"dan anak tersebut menjawab"tidak apa-apa bu.
    Dan kemudian keesokan harinya anak tersebut berangkat ngaji bersama temannya ketika melewati pohon bambu tersebut anak itu dan temannya mendengar ketokan bambu tiga kali"tok tok tok"dan anak tersebut bersama temannya merasa merinding dan tiba-tiba sosok hitam besar dihadapan mereka semua dan mereka lari ketakutan tetapi ada 1anak pingsan.
    kemudian anak kecil dan temannya bilang kepada oran tuanya"pak bu saya lihat setan dipohon bambu itu"kata orang tuanya"apa bener nak"kata anaknya"aku beneran lihat hantu sama teman juga dan orang tuanya penasaran.
    SELESAI
    "SEKIAN DARI CERITA SAYA TERIMA KASIH"
    OLEH:SURIPTO
    NO UJIAN:15-221-025-9

    BalasHapus