Jumat, 02 Oktober 2015

Dahlia

Dahlia, bunga indah berumbi dengan banyak spesies dan kultivar ini konon berasal dari pegunungan meksico dan merupakan bunga nasional negara meksiko. Bunga ini masuk ke Indonesia dibawa oleh penjajah Belanda. Dahlia bisa termasuk bunga parennial (tahunan) kadang saat kondisi lingkungan tidak mendukung dahlia akan melakukan dormansi dan muncul kembali saat kondisi lingkungan telah sesuai. habitus dahlia bermacam-macam dari tanaman semak kerdil hingga berkayu yang bisa mencapai ketinggian lebih dari dua meter. Ukuran bunga juga bermacam-macam dari diameter 5 cm hingga 30 cm.

Klasifikasi dahlia adalah
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Dicotyledonae
Classis : Compositae
Genus : Dahlia
Spesies : Dahlia spp.





Untuk tumbuh dahlia memerlukan sinar matahari penuh/tanpa naungan di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 700-1.000 dpl pada pH netral (6-8) dan tanah gembur berhumus. Dahlia biasa dikembangkan dengan umbi yang berasal dari tanaman berusia diatas 6 bulan. selain itu juga bisa dengan cara stek dan menggunakan biji.

Menurut penelitian umbi dahlia mengandung 3,8% inulin yang merupakan polimer dari fuktosa dan termasuk berserat tinggi. Inulin mudah larut dalam air dan tidak dapat dicerna oleh enzim manusia sehingga nilai kalorinya rendah sehingga pati dahlia bisa digunakan sebagai bahan pangan alternatif rendah lemak yang aman dikonsumsi penderita diabetes maupun obesitas. Mungkin bisa untuk bahan pembuat roti maupun mie instan.

Inulin walaupun tidak bisa dicerna enzim manusia tetap mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh diantaranya sebafai probiotik yaitu untuk makanan bakteri baik dalam usus manusia. Saat melalui saluran pencernaan hingga ke usus inulin tidak akan berubah. Di dalam usus besar inulin baru mengalami fermentasi menjadi asam-asam lemak yang mampu meningkatkan ketahanan tubuh.
Asam laktat yang dihasilkan juga akan mencegah konstipasi dan meningkatkan absopsi kalsium yang bisa menguatkan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis sehingga inulin banyak ditambahkan pada susu baik susu formula untuk balita maupun susu untuk lansia.

Struktur Inulin
Inulin adalah polimer dari fruktosa, pada umumnya mengandung sekitar 35 unut fruktosa yang dihubungkan dengan rantai lurus ikatan  β-2,1 glikosida (karbon 2 dari salah satu fruktosa dihubungkan ke karbon 1 fruktosa sebelumnya). Tiap inulin mempunyai glukosa pada awal rantai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar