Sabtu, 03 Oktober 2015

Bulbophyllum auratum, si anggrek konde



Dulu saya hanya mengenal anggrek sebagai Dendrobium dan Phalaenopsis, ternyaata selain kedua genus ini ada banyak sekali genus dari Orchidaceae ini salah satunya adalah Bulbophyllum. Bulbophyllum auratum adalah bulbo pertama saya yang diperoleh sebagai bonus saat membeli tiga jenis anggrek dari genus Coelogyne dari Borneo. Alhamdulillah anggrek ini berbunga setalah sekitar satu bulan dalamperawatan saya.
Anggrek ini tersebar di Thailand, Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan Filipina pada ketinggian 100-1.200 dpl. tumbuh epifit di pohon-pohon dengan rhizzome berukuran 1-2 cm. Bulbo auratum menyukai tempat teduh dengan sirkulasi udara yang baik.
Pseudobulb bersifat unifolium (satu daun), ujung daun tumpul. Bunga muncul dari dasar bulb, dalam satu tangkai bunga terdapat 7-9 bunga kecil yang tersusun setengah lingkaran sehingga tampak seperti satu bunga.
klasifikasi :
Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Subfamili : Epidendroideae
Tribe : Podochilaeae
Subtribe : Bulbophyllinae
Genus : Bulbophyllum
Species : Bulbophyllum auratum

1 komentar:

  1. suatu hari saya prgi ke rumah nenek,saya di jamu makanan nasi jagung,saya makan dg lahap karena uuuenaaaaak. . nasi jagung adalah makanan yg di sukai banyak orang,apalagi kalau ada resenya + kluban + sambal kelapa.akan lebih enak jika makan pakai cobek,dan bareng bareng.cara buatnya dg cara jagung di tumbuk lalu di rendam.setelah itu di giling,stlh jd oyek lalu di kukus.lalu di masak lagi.nama:ahmad fahrur.

    BalasHapus