Rabu, 01 Februari 2012


BEDAH SKL 2011/2012
workshop sukses UN 2012 SMP/MTs kab. Wonosobo 08 Januari 2012
PREDIKSI SKL SOAL
PEMBICARA FISIKA: KADIMIN, S.Pd. BIOLOGI: .......
PENYUSUN DESTY ERNI, S.Si

Semua SKL soal kemungkinan keluar pada paket soal UN yg berbeda ( tingkat kesulitan soal UN untuk setiap paket soal jd tidak imbang)

SKL 1. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari – hari. (penekanan pada no 3)
1.       Disajikan tabel besaran pokok, satuan dalam SI dan alat ukur. Siswa dapat mementukan besaran pokok, satuan dan alat ukur yang sesuai.
2.       Membaca alat ukur ( dalam gambar ). Untuk pengukuran panjang mikrometer dan jangka sorong tidak keluar. Ditekankan pada pengukuran suhu.
3.       Disajikan 2 gambar termometer berbeda ( K, OC, OR, OF ), salah satu suhu diketahui. Siswa dapat menentukan suhu pada termometer yang lain ( konfersi suhu ).

SKL 2. Mementukan sifat – sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari – hari. (penekanan pada no 1, koversi suhu dari g/cm3 ke kg/m3)
1.       Disajikan tabel massa jenis beberapa zat. Siswa dapat menentukan jenis zat jika massa dan volume diketahui ( bisa langsung maupun melalui gambar pengukuran )
2.       Menentukan massa jenis zat jika volume dan massa diketahui ( baik langsung maupun dengan gambar)

SKL 3. Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Contoh pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari – hari. ( termometer, bimetal, dll)
2.       Contoh masalah pemuaian dalam kehidupan sehari – hari dengan alasannya. ( misal balon yang dijemur meletus karena udara dalam balon memuai)

SKL 4. Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Menentukan jumlah kalor baik dalam grafik maupun dengan kalimat.
2.       Menentukan kenaikan suhu atau suhu akhir setelah benda menerima kalor. ( tidak sampai asas Black )

SKL 5. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Menentukan jarak atau waktu tempuh dalam GLB jika kecepatan diketahui.
2.       Menentukan waktu tempuh ( saat bertemu ) dari 2 benda yang bergerak berlawanan arah dengan kecepatan berbeda. ( mulai bergerak bersama )
3.       Contoh penerapan hukum I Newton atau hukun III Newton. ( hk II tdk keluar)
Contoh penerapan GLB dan ticker timer/tetesan oli pada GLB jangan ditinggalkan!

SKL 6. Mentukan besaran fisis pada usaha atau energi.
1.       Disajikan gambar beberapa gaya yang bekerja pada suatu benda. Siswa dapat menentukan besarnya W.
2.       Menghitung besarnya energi potensial atau energi kinetik.

SKL 7. Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari – hari. (Ditekankan no 1)
1.       Disajikan gambar tuas lengkap dengan bagian – bagiannya ( titik tumpu, titik kuasa dan titik beban). Siswa dapat menentukan keuntungan mekanik terbesar. Soal dapat berupa salah satu atau beberapa titik pada tuas digeser. Gambar bisa pada soal maupun obsi jawaban. ( tidak sampai jenis – jenis tuas )
2.       Identifikasi masalah pada bidang miring.

SKL 8. Menentukan besaran fisika yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
1.       Disajikan gambar balok dengan massa/berat  dan panjang sisi – sisi diketahui. Siswa dapat menentukan besarnya tekanan.
2.       Hukum arkhimedes dengan gambar maupun pernyataan. Siswa dapat menentukan besarnya gaya ke atas yang dialami benda.
( hukum paskal dan tekanan pada gas tidak keluar! )

SKL 9. Mementukan besaran fisis dalam getaran atau gelombang.
1.       Disajikan gambar getaran pada ayunan/tali atau getaran pada pegas. Siswa dapat menentukan salah satu atau beberapa besaran jika besaran lain diketahui ( frekuensi, periode, amplitudo ). (ditekankan pada getaran pegas)
2.       Disajikan gambar gelombang tranversal. Siswa dapat menentukan panjang gelombang dan atau cepat rambat gelombang jika besaran lain diketahui ( gelombang longitudinal tidak keluar ).

SKL 10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Disajikan stimulus peristiwa yang berkaitan dengan perambatan bunyi. Siswa dapat menjelaskan.
2.       Disajikan beberapa pernyataan, siswa menentukan pernyataan yang berkaitan dengan pemanfaatan bunyi.

SKL 11. Menentukan sifat cahaya, besaran – besaran yang berhubungan dengan cermin / lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Menentukan arah pemantulan sempurna pada lensa / cermin ( dengan gambar ).
2.       Disajikan gambar benda pada lensa cembung atau cermin cekung dengan bayangan. Mementukan perbesaran bayangan jika lensa atau cermin digeser.
3.       Menentukan sifat bayangan akhir pada alat optik.

SKL 12. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari – hari.
1.       Disajikan gambar cara menimbulkan arus listrik. Siswa dapat menentukan muatan listrik dan atau perpindahan elektron.
2.       Menentukan induksi listrik pada elestroskop, gambar elestroskop sebagai obsi jawaban.

SKL 13. Menentukan besaran – besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian ( seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchoff ) serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Disajikan gambar rangkaian paralel diketahui besar hambatan dan kuat arus pada salah satu rangkaian. Siswa dapat  mementukan besar arus listrik pada salah satu titik cabang ( perpaduan Hukum Kirchof dan Hukum Ohm ).
2.       Gambar rangkaian campuran  ( hambatan dalam diperhitungkan ) dan dihubungkan dengan sumber tegangan ( sumber tegangan hanya 1 ). Siswa dapat menghitung kuat arus pada titik cabang jika besaran lain diketahui.

SKL 14. Menentukan besarnya energi atau daya dalam kehidupan sehari – hari.
1.       Menentukan salah satu variabel pada rumus W = V. I . t
2.       Disajikan gambar peralatan listrik yang dicantumkan daya dan tegangan. Siswa menentukan hambatan atau kuat arus ( dalam Joule maupun Kwh ).
Menghitung rekening listrik tidak keluar!

SKL 15. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub – kutub yang dihasilkan.
1.       Menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet. Gambar sebagai obsi jawaban.
2.       Gambar pembuatan magnet. Siswa dapat menentukan kutub – kutub yang dihasilkan.

SKL 16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
1.       Disajikan gambar induksi elektromagnet ( kumparan + magnet atau Kumparan + listrik ). Siswa dapat menjelaskan saat terjadinya GGL induksi. ( tidak sampai arah penyimpangan/hanya dikatakan menyimpang arahnya tidak )
2.       Disajikan data tentang besaran pada trafo. Siswa dapat menentukan jenis trafo atau menghitung salah satu besaran yang terkait. ( tidak sampai menghitung efisiensi )

SKL 17. Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi – bulan terhadap matahari.
1.       Menentukan posisi bumi, bulan dan matahari pada saat terjadi gerhana ( dengan pernyataan atau gambar )
2.       Menjelaskan akibat rotasi atau revolusi.
3.       Menjelaskan akibat penipisan lapisan ozon bagi kesehatan dan lingkungan.

SKL 18. Mengidentifikasi atom, ion, unsur atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia delam kehidupan sehari – hari.
1.       Siswa dapat menjelaskan sifat ion atau mengidentifikasi ion dalam larutan ( melalui percobaan ).
2.       Siswa dapat menuliskan rumus rumus kimia molekul senyawa tertentu.
3.       Menuliskan lambang unsur yang sering dijumpai dalam kehidupan.

SKL 19. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Disajikan sifat – sifat suatu zat. Siswa dapat menentukan yang termasuk sifat kimia maupun fisika.

SKL 20. Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
Disajikan daftar perubahan  sifat benda atau melalu stimulus. Siswa dapat menunjukkan jenis perubahan yang terjadi beserta alasannya.

SKL 21. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Sabun, makanan (alami/buatan), pestisida, obat nyamuk.
Efek pada darah

SKL 22. Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
Putau, ganja, heroin, sabu – sabu
Contoh zat psikotropika dan efeknya, gejala yang tampak terutama depresan. Tidak lagi sebatas efek sikis atau fisik tapi langsung spesifik ke jenis zatnya!

SKL 23. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Terutama iritaabilitas ( higroskopis pada polong – polongan )
Ekskresi pada tumbuhan
Adaptasi

SKL 24. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri - cirinya.
Perbedaan dikotil dan monokotil
Tumbuhan serofit, higrosfit dan hidrofit
Insekta, moluska, reptil ( gambar )

SKL 25. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Disajikan gambar Jaring – jaring makanan, siswa dapat menentukan yang akan terjadi  jika salah satu faktor berubah.
Tipe – tipe interaksi ( simbiosis, antibiosis, komensalisme, mutualisme )

SLK 26. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Pencemaran tanah tidak keluar
Pencemaran udara ( kaitan dengan penghijauan )
Pencemaran air ( kaitan dengan pengolahan limbah )

SKL 27. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
Dengan grafik atau pernyataan tentang hubungan manusia dengan air bersih atau manusia dengan kendaraan (terkait kadar CO2 dan O2 ).

SKL 28. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Ruang jantung ( letak dan fungsi )
Peredaran darah besar dan kecil.
Gambar eritrosit dan leukosit ( beserta karakteristiknya )
Penyakit pada sistem peredaran darah ( hipertensi, talasemia, hemofilia )
Golongan darah tidak keluar.

SKL 29. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
Enzim ( fungsi dan tempatnya ). Enzim petialin tidak keluar.

SKL 30. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Proses respitasi
Perbedaan pernafasan dada dan pernafasan perut. Terutama tahap ekspirasi dan inspirasi.
Kapasitas vital paru – paru.

SKL 31. Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Otot : gambar, diskripsi dan ciri – ciri.
Sendi : ciri – ciri, terutama sendi peluru dan sendi engsel.
Penyebab penyakit skiolosis dan lodorsis.

SKL 32. Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Gambar ginjal dan nefron. Dapat menjelaskan proses pembentukan urin, zat yang dihasilkan dan tempat terjadinya.
Gambar sisten reproduksi. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ yang ditunjuk.
Menjelaskan dan membedakan gametogenesis.
Menjelaskan siklus menstruasi ( pengertian ) dan ovulasi ( terutama tempat terjadinya )
Penyakit prostat, spinalis, spilis, gonor dan diabetes.

SKL 33. Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
Disajikan gambar otak. Siswa dapat menyebutkan bagian dan fungsinya.
Fungsi dari pons
Fungsi saraf simpatik dan parasimpatik.
Proses melihat pada mata ( proses berjalannya rangsang )
Fungsi koklea pada telinga.
Bagian dan fungsi sel saraf.

SKL 34. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
Disajikan diskripsi jaringan pada daun ( palisade dan spons ).
Ciri jaringan embrional dan jaringan pengangkut.

SKL 35. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Higroskopis
Termonasti pada putri malu
Respon pada bunga pukul empat.

SKL 36. Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan, percobaan tentang proses tersebut.
Percobaan uji amilum
 menjelaskan proses dan reaksi kimia yang terjadi  ( 6H2O + 6 CO2 -> C6H12O6 + 6 O2)

SKL 37. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
Membedakan pertumbuhan dan perkembangan Baik dengan gambar maupun pernyataan.

SKL 38. Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Adaptasi morfologi, fisiologi dan tingkah laku.
Tujuan adaptasi
Adaptasi pada rayap dan jerapah (teori jerapah leher panjang dan pendek).
Contoh dan diskripsi seleksi alam

SKL 39. Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Perbandingan filial tidak keluar.
Bisa dihibrit maupun monohibrit. Persentase perbandingan sifat genotip. Daik teskros maupun bekkros )

SKL 40. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
Nata, yakult, yogurt, oncom, insulin, PTS, antibodi monoklonal, vaksinasi.
Tempe tidak keluar.

Klo ada kesalahan maupun kekurangan mohon maaf.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar