Lembar Kegiatan Siswa 1
Observasi Lingkungan Sekolah
Standar Kompetensi: 1.
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar :
1.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan
sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
Tujuan : 1. Melakukan
pengamatan kualitatif dengan menggunakan sebanyak – banyaknya indra yang sesuai
dengan data
2. Melakukan
pengamatan kuantitatif dengan menggunakan satuan pengukuran baku maupun tidak
baku.
3. Membedakan gejala alam biotik
dan abiotik
Hari, tanggal :
Kelas : VII -
Kelompok :
Nama 1.
……………………………….
1. ……………………………..
2. ……………………………..
3. ……………………………...
4. ………………………………
Alat dan bahan : alat tulis (
bolpoin, buku, penggaris ), penunjuk waktu, dan lingkungan ( halaman sekolah )
Cara Kerja :
1.
Amati
halaman sekolah ( tidak boleh keluar halaman sekolah )
2.
Amati
masing – masing lima hasil pengamatan kualitatif dan indra yang digunakan.
3.
Amati
masing – masing lima hasil pengamatan kuantitatif dan alat yang digunakan.
4.
Tuliskan
komponen biotik dan abiotik yang ada di halaman sekolah masing – masing lima.
Hasil pengamatan
Table 1 : hasil pengamatan kualitatif
No
|
Hasil Pengamatan
|
Indra yang Digunakan
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Table 2 : Hasil pengamatan kuantitatif
No
|
Hasil Pengamatan
|
Alat Ukur yang Digunakan
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Tabel 3 : Hasil Pengamatan Komponen Biotik
dan Komponen Abiotik
No
|
Komponen Biotik
|
Komponen Abiotik
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar