Seorang guru SD sedang merenungkan hasil tugas muridnya yang berbeda dari biasanya. Anak yang selalu mendapat nilai sempurna pada pelajaran matematika itu telah memberikan jawaban yang tidak tepat. Beliau berpikir keras sebenarnya apa yang menyebabkan kesalahan tersebut.
Pertanyaan: Roni diminta tolong ibunya membeli 2 kg beras dengan diberi
uang 30.000. Jika harga 1 kg beras 9.000, berapa kembalian yang diterima
Roni?
Jawaban: 2.000
berapa nilai yang akan diberikan kepada anak tersebut?
Saya akan memberikan nilai sempurna.
Jawaban yang diinginkan soal adalah 12.000
30.000-(2x9.000)=12.000
Kenapa jawaban anak tersebut saya beri nilai sempurna?
Anak itu berpikir kontekstual, di Indonesia kemungkinan uang 30.000 adalah 20.000an satu dan sepuluh ribuan satu. Anak tersebut membayar dengan uang 20.000 sehingga kembaliannya 2.000.
Ada alternatif jawaban lain yaitu nol. Karena bisa saja uang yang diberikan ibu uang receh sehingga anak tersebut membayar dengan uang pas.
Yang perlu diperbaiki sebenarnya malah pertanyaan guru. Lebih baik jangan menanyakan kembalian tetapi menanyakan sisa uang sehingga akan diperoleh jawaban seragan 12.000. Tentu saja kalau anaknya jujur dalam arti dia tidak membeli selain beras dua kilogram ;)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar