Rabu, 19 Juni 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NO. VII-I.2

                                           Satuan Pendidikan             : SMP RIFA’IYAH 01 SAPURAN
                                           Mata Pelajaran                    : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
                                           Kelas / Semester                 : VII (tujuh) / 1
Tahun Pelajaran                 : 2013 - 2014

Standar Kompetensi      :    1.    Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

Kompetensi Dasar          :    1.2   Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.

Indikator                        :    1.    Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman.
                                           2.    Mendeskripsikan alat dan bahan yang berbahaya.
                                           3.    Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.
Alokasi Waktu                :    2 x 40’
Tujuan Pembelajaran     :    Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan fungsi dari laboratorium.
2.      Mengetahui peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
3.      Mengetahui cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
4.      Menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
5.      Menjelaskan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
6.      Mengidentifikasi simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
7.      Menjelaskan arti simbol-simbol dalam bahan kimia.

Materi Pembelajaran      :    Keselamatan Kerja
Laboratoriun adalah tempat untuk.................

Metode Pembelajaran    :    Diskusi kelompok, Demonstrasi, Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendidikan Karakter
1
Kegiatan Pendahuluan
a.     Guru mengecek kesiapan absensi
b.    Guru mengecek PR dan membahas seperlunya.
c.     Guru mengkaitkan pengetahuan awal peserta didik dengan mengajukan pertanyaan ‘Apakah arti dari tanda silang pada suatu produk? ( misal pestisida )
d.    Guru menyampaikan indicator pencapaian belajar, dan metode pembelajaran yang akan digunakan.
e.     Guru mengingatkan kembali prasyarat pengetahuan misalnya Peraturan apa sajakah yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium?
15’


Disiplin
 bertanggung jawab


Kegiatan Inti
a.     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
b.    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi dari laboratorium. (eksplorasi)
c.     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa alat dan bahan yang terdapat di dalam laboratorium. ( eksplorasi, elaborasi )
d.    Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.     (eksplorasi)
e.     Guru mendemonstrasikan cara membawa dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam laboratorium demi untuk keselamatan kepada peserta didik. (eksplorasi)
f.     Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.(konsfirmasi)
g.    Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan. (eksplorasi, elaborasi )
h.     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium. ( eksplorasi )
i.      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai arti simbol-simbol dalam bahan kimia yang ada di dalam laboratorium. ( eksplorasi )
j.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal. (konsfirmasi)
k.     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. ( konsfirmasi)
50’


Rasa ingin tau,


peduli lingkungan

teliti


saling menghargai dan kerjasama


berpikir logis

berani

Kegiatan Penutup
a.     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
b.    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
15’

Kreatif, inovatif, mandiri
Penilaian Hasil Belajar
  1. Indikator Penilaian
Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
No. Soal

1.4        Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.

1. Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman.
Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur

1
2.   Mendeskripsikan alat dan bahan yang berbahaya.
penugasan
Tugas kelompok
2
3.Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.
penugasan
Tugas kelompok
3
  1. Instrument penilaian
1.     Tunjukkan cara menbawa miktoskop yang benar.
2.     Tuliskan 5 alat dan 5 zat di laboratorium yang berbahaya
3.     Gambarkan 5 simbol dalam laboratorium.
  1.  Kunci jawaban dan penskoran
1. Mikroskop dibawa dengan 2 tangan. Tangan kanan memegang pegangan, tangan kiri menyangga kaki mikroskop.                                                                                    ( skor 20 )
2. Alat : Bunsen, pisau bedah, gunting, alat – alat listrik, jarum                                ( skor 7,5 )
Bahan : amoniak, asam sulfat, formalin, metilin blue                                           ( skor 7,5 )
3. Gambar symbol (BSE hal 177 )                                                                          ( skor 15 )
Skor maksimal = 50
  1. Nilai Akhir
Jumlah skor x 2
Nilai maksimal 100

Sumber Belajar

  1. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas vii. T. sugiarto, E. Ismawati. Diknas, 2008. Hal : 175-177
  2. Buku Discovery Biologi kelas 7 semester 1, TIM MGMP kab. Wonosobo. Hal:
  3. Biologi 1. Redjeki, Sri dan N. Rustaman. Balai Pustaka, Jakarta. Hal: 8-9
  4. mikroskop
  5. lingkungan  ( contoh alat dan zat yang berbahaya )



Wonosobo, 8 Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMP Rifa’iyah 01 Sapuran                                                          Guru Mata Pelajaran





Istuningsih, S. Si                                                                                    Desty Erni, S. Si.
LEMBAR KEGIATAN  SISWA 2
Melakukan metode Ilmiah

Standar  Kompetensi: 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar        : 1.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
Tujuan                        : 1.  Menyusun metode ilmiah
1.     melakukan pengumpulan data secara terencana dan sistematis
2.       membuat laporan ilmiah
Hari, tanggal      : ……………………………                                
Kelas                 : VII -                                       
Kelompok          :………
Nama                 : 1………………………….
                           2. ………………………..
                           3. ………………………..
                           4. ……………………….
                           5. ………………………

Andi melihat petani menanam kacang tolo di pematang sawah. Kacang di sisi selatan disiran setiap hari, sedang sisi sebelah utara disiram 3 hari sekali. Pematang sawah memiliki jenis tanah yang sama, dan tanaman di pematang sawah memiliki jarak tanam yang sama serta tidak diberi pupuk. Andi ingin tau kacan di sebelah mana yang tumbuh lebih cepat. Bantu Andi dengan mengacu soal berikut :
1.     Rumusan Masalah   :
2.     Menentukan variabel :
a. variable control                :
b. variable bebas                :
c. variable terikat                 :
d. variable pengganggu       :
3.     Hipotesa :
4.     Merancang penelitian untuk membuktikan hipotesa :
a. bahan yang diperlukan     :
b. alat yang digunakan        :
c. cara kerja                        :
5.     Lakukan penelitian seperti rencana ( no 4 ). Catat hasil pengamatan baik kuantitatif maupun kualitatif
6.     Kesimpulan berdasar data percobaan
7.     Susun hasil penelitian ( Laporan Penelitian )


Lembar Kegiatan Siswa 1                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
Observasi Lingkungan Sekolah

Standar  Kompetensi: 1. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar        : 1.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
Tujuan                        : 1.  Melakukan pengamatan kualitatif dengan menggunakan sebanyak – banyaknya indra yang sesuai dengan data
                                    2.   Melakukan pengamatan kuantitatif dengan menggunakan satuan pengukuran baku maupun tidak baku.
                                    3. Membedakan gejala alam biotik dan abiotik

Hari, tanggal                 :                                              
Kelas                 : VII -                                                  
Kelompok          :         
Nama           1. ……………………………….
1.     ……………………………..
2.     ……………………………..
3.     ……………………………...
4.     ………………………………                   

Alat dan bahan : alat tulis ( bolpoin, buku, penggaris ), penunjuk waktu, dan lingkungan ( halaman sekolah )
Cara Kerja :
1.     Amati halaman sekolah ( tidak boleh keluar halaman sekolah )
2.     Amati masing – masing lima hasil pengamatan kualitatif dan indra yang digunakan.
3.     Amati masing – masing lima hasil pengamatan kuantitatif dan alat yang digunakan.
4.     Tuliskan komponen biotik dan abiotik yang ada di halaman sekolah masing – masing lima.

Hasil pengamatan

Table 1 : hasil pengamatan kualitatif
No
Hasil Pengamatan
Indra yang Digunakan
1.


2.


3.


4.


5.



Table 2 : Hasil pengamatan kuantitatif
No
Hasil Pengamatan
Alat Ukur yang Digunakan
1.


2.


3.


4.


5.



Tabel 3 : Hasil Pengamatan Komponen Biotik dan Komponen Abiotik
No
Komponen Biotik
Komponen Abiotik
1.


2.


3.


4.


5.